Apakah anda orang yang gampang sedih hatinya ? Hidup serasa selalu saja dirundung masalah demi masalah ? satu masalah belum selesai, sudah dibuntuti oleh masalah lainnya ? Padahal Anda sudah sholat lima waktu, sudah puasa Ramadhan ? 

Apa yang salah dengan diri Anda sebenarnya ?

Seorang ustadz menjelaskan, jika seseorang merasa gampang bersedih, selalu kena masalah padahal sudah sholat lima waktu, puasa ramadhan. Itu bisa jadi karena Anda lama tidak menjalankan amalan-amalan sunnah. Karena obatnya hati itu adalah dengan menjaga amalan sunnah.

Jika seorang mukmin mulai lama tidak melakukan amalan-amalan sunnah, maka biasanya dia akan merasakan lima (5) hal ini (disarikan dari berbagai hadits).

1. Hatinya penuh dengan kebosanan, kejenuhan dan kepenatan. Kehidupannya mulai kehilangan arti dan tujuan.

2. Mudah marah dan sering dirundung masalah dalam kehidupannya sehari-hari,

3. Waktu baginya terasa cepat berlalu

4. Hatinya penuh dengan kekhawatiran, kecemasan akan banyak hal. Terutama akan masa depannya.

5. Rezekinya ada, namun seperti tidak bisa merasakan adanya.

Apa hubungannya ?

Rasulullah Muhammad Sholallahu'alaihi wassalam mewariskan sunnah-sunnah nya buat umatnya adalah untuk menjadi nafas setiap mukmin.

Amalah wajib seperti sholat lima waktu, zakat dan puasa ramadhan adalah konsekuensi atas hidup dan syahadat. Kalau boleh diibaratkan, ini adalah biaya pokok bayar kontrakan karena telah diizinkan oleh Alloh tinggal di bumiNya.

Tapi namanya ngontrak. Yah...masa' kosongan ?

Nah..yang amalan sunnah ini layaknya seperti biaya buat mengisi kontrakan. Buat beli meja kursi, almari, peralatan dapur, almari pendingin, AC, beli televisi , beli kendaraan berbahan bakar minyak dan lainnya.

Mereka yang hidup tanpa memegang yang sunnah, pasti akan mengalami kekosongan dalam hidupnya. Hati jadi mudah sedih, sering kena masalah, gampang bingung. Rezeki jadi berantakan dan seterusnya.....

Selain karena itu, hal seperti ini memang sudah menjadi aturan main dari Alloh azza wa-jala. Seperti diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiyallohu anhu...Sesungguhnya Allah berfirman : "barangsiapa yang memusuhi waliKU, maka aku telah mengumumkan perang terhadapnya. Tidak ada yang lebih aku sukai dari seorang hamba yang mendekatkan diri kepada KU, kecuali ia melakukan yang Aku wajibkan kepadanya. Dan sesungguhnya hambaKu dengan sebab senantiasa mendekatkan diri kepadaKU dengan amalan-amalan sunnah. Akupun mencintainya. Maka bila aku (Alloh) telah mencintainya Aku akan menjadi pendengarannya yang ia mendengar dengannya. Aku menjadi penglihatannya yang ia melihat dengannya. Aku menjadi tangannya yang ia memukul dengannya. Aku menjadi kakinya yang ia berjalan dengannya.

Bila ia meminta kepadaku, Aku akan mengabulkannya. Bila meminta perlindungan kepada Ku, maka Aku akan melindunginya. Bila dia menolak sesuatu yang dibenci oleh dirinya, Akulah yang akan melakukannya. Dan seorang mukmin itu benci dengan kematian yang jelek, maka Akulah (Alloh) yang menghindarkannya. (HR. Bukhari).